HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Akan Lebih Untung

15 September 2008 Holding Baru Segera Dibentuk.
Pembentukan holding perusahaan pupuk baru, dalam waktu dekat segera diproses. Rencananya. PT Pupuk Sriwidjaja ( Pusri ) sebagai holding saat ini bakal melakukan Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ).

Ini setelah menerima surat dari Menteri Negara ( Meneg ) BUMN No S-650/MBU/2008 tertanggal 11 Agustus lalu.

?Ya, memang ada surat dari Meneg BUMN yang intinya meminta untuk segera melakukan RUPS dan membentuk holding baru, yaitu PT Agro Kimia Indonesia ( persero ),? ujar Dadang Heru Kodri, direktur utama PT Pusri, di sela ? sela acara berbuka bersama, akhir pecan lalu. Surat itu berdasarkan laporan Tim Restrukturisasi Holding PT Pusri tertanggal 27 Desember 2007.

Meski begitu, pihaknya masih harus mempelajari legal aspect yang mendasari pelaksanaan RUPS dan pembentukan holding baru tersebut. ?Kami upayakan untuk secepatnya diselesaikan. Paling lama dua dua bulanlah,? tandas dia. Sebab menurut Dadang, memang seharusnya sebuah holding itu terpisah dan berdiri sendiri. Ini dimaksudkan agar holding tersebut dapat melakukan langkah ? langkah lebih jauh. Selama ini, Pusri sebagai holding terbatas langkahnya. Dengan holding baru, Pusri menjadi anak perusahaan dengan nama PT Pusri Palembang, bakal diuntungkan dan lebih maju, ?Sebab nantinya akan lebih bebas tidak terikat dengan anak perusahaan lagi, seperti yang terjadi selama ini,? jelas Dadang.

Meski nanti sebagai anak perusahaan, lanjut dia, Pusri tidak malah menjadi kecil, malah sebaliknya. Alasannya Pusri dapat bergerak sendiri dan tidak direpotkan dengan urusan di pemerintahan karena statusnya sudah private, sebagaimana Pupuk Kaltim ( PKT ) atau Petrokimia Gresik, yang saat ini sudah maju. ?Karena nanti Pusri memiliki pendapatan sendiri, yang tidak harus lagi dibagi ke anak perusahaan lain, ? tukasnya.

Untuk karyawan sendiri, dia menjamin tidak akan ada efisiensi, setelah Pusri berubah menjadi anak perusahaan. ?Oh tidak ada itu, malah mungkin ada penambahan karyawan karena dengan adanya peningkatan bisnis Pusri nantinya, tentu diperlukan SDM baru. Kami masih mampu membiayai semua karyawan kok, contohnya saja bonus kita besar.? Tukas Dadang. Dengan adanya holding baru, masih kata Dadang, nantinya akan terjadi perubahan pada manajemen. Namun, siapa yang akan memimpin, akan diserahkan kepada pemegang saham.