HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pupuk Berubsidi Siap Disalurkan

31 Januari 2013 MARTAPURA, RP - "Sejak beberapa hari ini para distributor sudah banyak melakukan penebusan pupuk untuk kemudian disalurkan kepada petani sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK)," ujar Kepala Pemasaran Pupuk Sriwidjaja (Pusri) wilayah OKU Timur, Sobirin.

Untuk itu Sobirin meminta kepada petani di OKU Timur tidak perlu kahawatir terhadap ketersediaan pupuk. Dirinya menjamin stok pupuk yang ada di Gudang Kotabaru Martapura maupun Gudang Pupuk di Kurungan Nyawa, Kecamatan Buay Madang bisa memenuhi kebutuhan pertani.

"Stok kita aman, di Gudang Kurungan Nyawa saja ada 3.724,65 ton. Sedangkan di gudang Kota Baru Martapura 3.902,65 ton. Dan itu akan terus dilakukan penambahan jika pupuk yang ada di gudang berkurang," terangnya.

Dikatakan Sobirin, kelangkaan pupuk beberapa waktu lalu itu hanya kendala administrasi saja. Dan itu karena sudah menjadi prosedur, jadi bukan asal distribusi saja. “Semuanya ka nada mekanisme dan peraturannya, jadi kita ikut aturan itu, sekarang semuanya sudah selesai,” ungkapnya.

Dan itu lanjut Sobirin, tidak hanya terjadi di Kabupaten OKU Timur saja, namun hamper terjadi diseluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan. “Saya tegaskan sekali lagi petani tidak perlu khawatir terkait pupuk. Karena stok yang kita miliki aman dan bisa memenuhi kebutuhan petani,” imbuhnya.

Sementara Trisno (56), warga Buay Madang Timur mengakui, jika beberapa waktu lalu petani disulitkan terhadap kelangkaan pupuk, namun menurut informasi saat ini pupuk sudah ada lagi. “Padahal saat itu kita sangat membutuhkan pupuk yang langka saat puncak musim tanam,” ucapnya. (awa)