HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Terapkan Software ERP

05 April 2016
picE63DD6DC3B0F9524D299466C19518BBB.jpg
PALEMBANG, SRIPO - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang meningkatkan layanan dan integrasi bisnis yang lebih baik dengan induk perusahaan dan anak perusahaannya. Salah satunya dengan menerapkan software Enterprise Resource Planning (ERP).

ERP merupakan suatu sistem perencanaan dan penjadwalan dengan alat bantu komputer yang mengintegrasikan semua fungsi penjualan, produksi, akunting dan distribusi dengan sasaran untuk mengoptimalkan semua sumber daya seperti material, sumber daya manusia, dan kapasitas mesin.

Direktur Teknik & Pengembangan PT Pusri Palembang, Listyawan Adi Pratisto, usai Ceremony Go Live ERP-SAP di Audiotorium Annex, Senin (4/4) mengatakan proyek implementasi ERP di PT Pupuk Indonesia(Persero) atau dikenal dengan "SKI Project" akan berkontribusi dalam meningkatkan sinergi, konsolidasi dan efektivitas kerja sama Pupuk Indonesia dengan seluruh anggota holding sehingga didapat keselarasan proses bisnis.

"Beberapa kontribusi yang diharapkan dapat tercapai dengan dukungan ERP adalah integrasi data keuangan, standardisasi proses bisnis, standardisasi data dan informasi melaui keseragaman pelaporan sehingga dapat membantu Pupuk Indonesia Grup dalam melakukan pemantauan dan pengontrolan proses bisnis,"ujarnya.

Selama ini, anggota holding Pupuk Indonesia Grup menggunakan software ERP yang beragam dan tidak terintegrasi satu sama lain. Keberagaman ini membuat pelaporan sulit sampai ke pemegang saham. "Misalnya selama ini Pusri menggunakan software IFS, Pupuk Kalimantan Timur, menggunakan Protean, dan berbagai software lainnya. Dengan adanya proyek ERP ini makan software ERP seluruh anggota Pupuk Indonesia Grup menjadi seragam, sehingga proses bisnis di PI Grup akan menjadi terintegrasi dan selaras satu sama lainnya," ujarnya.

Software ERP yang digunakan adalah software SAP (System, Applications and Products in Data Processing). Software ini merupakan produk buatan Jerman dan perangkat lunak ERP yang menguasai dunia, karena memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai macam aplikasi bisnis, dimana setiap aplikasi bisnis mewakili area bisnis tertentu.

Untuk menjalankan program ini, PT Pusri mempunyai tim Key User ERP SAP. Tim ini diharapkan dapat menjadi tim support go live dan juga kepada support manager ERP-SAP PT Pusri Palembang untuk dapat menjadi pengendali go live. (cr5)