HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Palembang Luncurkan Pusrimart dan Klinik Tani di Ceper, Ingatkan Petani Waspadai Pupuk Oplosan

31 Agustus 2017 fokusKLATEN.net-PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Selasa, 29 Agustus 2017 meluncurkan Pusrimart, klinik tani dan mantri tani di Halaman Gudang Penyimpanan Pupuk (GPP) Dukuh Ngeseng, Desa Jambukulon, Kecamatan Ceper, Klaten. Petani diingatkan untuk mewaspadai kemungkinan adanya pupuk oplosan yang dapat merugikan petani dalam bercocok tanam.


Peresmian ditandai dengan pemakaian rompi ke mantri tani, penyerahan kunci motor ke mantri tani, dan pengguntingan pita di Pusrimart oleh Direktur Komersil PT Pusri Palembang, M Romli HM, SE MM. Acara peluncuran Pusrimart, klinik tani dan mantri tani selain dihadiri Direktur Komersil PT Pusri, M Romli, juga dihadiri General Manejer (GM) Distribusi dan Pemasaran PT Pusri Kairul yang juga sebagai ketua panitia penyelenggara. Kemudian juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klaten Ir Wahyu Prasetyo  MSi, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, para GM PT Pusri Palembang dan para petani di wilayah Kecamatan Ceper dan sekitarnya.


Dalam sambutannya, Direktur Komersil PT Pusri Palembang, M Romli HM, SE MM mengatakan, klinik tani dan mantri tani merupakan kegiatan baru yang dilakukan PT Pusri Palembang dalam rangka meningkatan pelanggan khususnya kepada para petani. Klinik tani dan mantri tani bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para petani tentang budidaya tanaman serta penanganan masalah pupuk,hama dan penyakit tanaman sehingga produksi tanaman petani meningkat dan kesejahteraan petani terwujud.


Menurut M Romli HM SE MM, klinik tani dan mantri tani juga menyediakan diagnosis unsur hara tanah yang ada di sawah,guna menentukan dosis pemupukan. Karyawan PT Pusri Sriwijaya dilatih untuk menjadi klinik tani dan mantri tani, dengan harapan dapat mendukung peningkatan produksi padi di Klaten dari 1 hektar sawah mampu menghsilkan 7 sampai 8 ton gabah menjadi 8 sampai 10 ton gabah.


Sementara itu GM Distribusi dan Pemasaran PT Pusri Sriwijaya Kairul dalam laporannya mengatakan, program kinik tani dan mantri tani dilaksanakandi dua kabupaten di Jawa Tengah masing-masing Kabupaten Klaten dan Kabupate Batang sebagai pilot project. Sedangkan Pusrimart selain ada di GPP Pusri Palembang di Ceper, Klaten juga nantinya menggunakan para distributor, kios dan pengecer di Soloraya meliputi Kabupaten Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar dan Kota Surakarta.


Sedangkan Kepala GPP PT Pusri Palembang Ceper Klaten, Muhammad Soleh mengatakan, saat ini stok pupuk Sriwidjaja di GPP Ceper Klaten sebanyak 1.039.450 kg. Kemudian akan masuk lagi sebanyak 1.413.000 kg sehingga stok pupuk Sriwidjaja mencukupi  memenuhi kebutuhan petani untuk masa tanam sekarang maupun yang akan datang.


Acara peluncuran Pusrimart, klinik tani dan mantri tani juga diisi demo analisa uji tanah, sosialisasi produk retail dan talkshow dengan narasumber dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klaten Ir Wahyu Prasetyo  MSi dan dari PT Pusri Palembang. Kemudian juga dimeriahkan dengan orgen tunggal serta pembagian doorprize. (Paidi)