HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Optimis Penjualan Pupuk Urea Sesuai Target

07 Juni 2011 Magelang, CyberNews. PT Pusri optimis penjualan pupuk urea akan kembali naik pada tahun 2011 ini. Hal ini dikarenakan erupsi dan banjir lahar dingin sudah mereda sehingga masyarakat yang tidak berada di bantaran Kali Putih dan Pabelan bisa kembali bercocok tanam.

"Kami berharap bisa mencapai target penjualan pada tahun 2011 ini," jelas Kepala Perwakilan Pusri Kabupaten Magelang, Susanto.

Susanto mengatakan setiap minggu Perwakilan Pusri Kabupaten Magelang mengeluarkan sebanyak 400 ton pupuk dari gudang. Jumlah ini terhitung meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Dari total alokasi pupuk urea yang disediakan 23.000 ton, sebanyak 19.931 ton di antaranya sudah didistribusikan.

Meski permintaan petani tinggi, kata dia, Pusri menjamin ketersediaan pupuk urea untuk kepentingan petani di wilayah Kabupaten Magelang tetap terpenuhi hingga dua bulan ke depan. “Stok pupuk urea kami melimpah. Meski kebutuhan naik namun cukup untuk memenuhi permintaan petani,” jelas dia.

Susanto menambahkan bahwa jika pupuk di gudang didistribusikan, maka gudang akan kembali diisi sebanyak jumlah yang keluar. Pupuk tersebut diambilkan dari gudang PT Pusri yang ada di Semarang. Dengan strategi ini maka gudang akan selalu siap memenuhi kebutuhan pupuk para petani.

Gudang Pusri Magelang bahkan mampu untuk menutup kekurangan pupuk urea untuk para petani di Kabupaten Temanggung. ”Gudang kami besar sehingga bisa menampung lebih banyak. Jika Kabupaten Temanggung kurang bisa mengambil pupuk di sini,” tambahnya.

Mengenai, harga, Susanto menjelaskan bahwa harga pupuk urea relatif stabil. Di tingkat petani, urea dijual dalam kisaran Rp 85 ribu hingga 87 ribu per sak. Harga ini tidak memberatkan petani sehingga pemupukan tanaman padi bisa dilakukan.

( MH Habib Shaleh / CN34 / JBSM )