HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Dan PT Semen Baturaja Serahkan Bantuan Sungai Lumpur Melalui Pemkab OKI

19 Mei 2011 Meskipun bencana kebakaran yang melanda warga desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang terjadi hampir dua pekan lalu yang menghanguskan ratusan rumah dan mengakibatkan ribuan warga kehilangan tempat tinggal, namun aksi solidaritas terhadap para korban bencana ini terus mengalir dari semua pihak.

Bahkan Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten OKI, ikut ambil bagian dengan cara memfasiltiasi berbagai pihak untuk dapat menyalurkan bantuannya kepada para korban bencana, setidaknya dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di Sumatera Selatan (Sumsel) yakni PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) dan PT Semen Baturaja ikut menyumbang korban kebakaran yang disampaikan melalui pemkab OKI, Rabu (18/5).

Ketua PWI OKI, H Agus Salim mengatakan, aksi solidaritas ini dalam rangka untuk meringankan beban bagi para korban kebakaran atas musibah yang dialami, oleh sebab itu pihaknya berusaha untuk menghubungi berbagai pihak perusahaan dan mengetuk hatinya agar dapat secara bersama-sama ikut meringankan beban yang dialami warga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, sebab apa yang kita sampaikan mendapat respon yang sangat positif dan langsung ditindaklanjuti, hal ini tentu merupakan sesuatu yang sangat tidak terhingga,” ujar Agus.

Ditambahkannya, bantuan yang berhasil dihimpun dari berbagai perusahaan ini selanjutnya diserahkan kepada Pemkab OKI hingga nanti penyalurannya dapat diterima langsung oleh masyarakat yang berhak.

“Sebenarnya masih banyak pihak perusahaan lainnya yang ingin membantu, namun yang kita himpun dan kita sampaikan ini adalah bantuan yang telah siap untuk disalurkan, sementara yang lainnya akan kita susulkan,” ujar Agus.

Sementara itu Manajer KUK dan Bina Lingkungan PT Pusri Palembang, H Fahrurrozy Bey, yang sekaligus juga sebagai koordinator BUMN se Sumsel mengatakan, bantuan yang disalurkan ini merupakan dana yang sengaja disisihkan dari perusahaan untuk membantu para korban bencana, namun demikian menurutnya, yang lebih penting adalah bagaimana upaya melakukan rehabilitasi pasca bencana.

“Disumsel ini ada 31 BUMN, dan kedatangan kita selain menyampaikan bantuan kita juga ingin mendapatkan informasi apa yang menjadi kebutuhan warga pasca bencana,” ujarnya.

Menurut Fahrul, bisa saja pembangunan ataupun rehabilitasi berbagai fasiltias yang menjadi korban kebakaran dibangun ulang melalui Program Corperate sosial and Responsibility (CSR), namun hal tersebut terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dari pusat.

“Kita juga mendapatkan informasi bahwa warga di sana (Sungai Lumpur-red) sulit mendapatkan air tawar, hal ini lantaran didaerah tersebut memang daerah pesisir, namun mungkin ada solusi yang bisa ditempuh,” ujarnya.

Sementara itu Wabub OKI H Engga Dewata didampingi Sekda H Ruslan Bahri merasa terharu atas upaya yang dilakukan PWI OKI dalam rangka meringankan beban para korban bencana, sebab aksi solidaritas seperti inilah yang diharapkan pemerintah kepada seluruh element masyarakat dalam membantu dan meringankan beban warga.

“Inilah yang kami inginkan kepada setiap organisasi di OKI agar peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat. Kami juga ucapkan terima kasih kepada PT Pusri Dan PT Semen Baturaja atas kepeduliannya bagi warga kami,” ujar Engga haru.

Sementara itu bantuan yang disampaikan oleh pihak perusahaan BUMN tersebut diangkut dengan menggunakan tiga mobil truk yang masing-masing bantuan diantaranya, dari PT Pusri 2 ton beras, 100 dus Indomie, 42 Dus Roti, 30 Dus air mineral, serta lebih dari 80 stel seragam sekolah. Sedangkan dari PT Semen Baturaja diantaranya 1 Ton Beras dan 100 Dus Indomie. (Irawan)