HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Ajari Cara Pemberian Pupuk yang Tepat kepada Petani Kopi

21 Nopember 2017

TEMPO.CO, Palembang - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri), Palembang, memberikan edukasi khusus kepada petani kopi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Tujuannya adalah meningkatkan produksi tahunan petani setempat dengan cara perawatan dan pemberian pupuk yang tepat. 

"Gunakanlah metode pemupukan 5 : 3 : 2 untuk mendapatkan hasil yang maksimal," kata Mulyono Prawiro, Direktur Utama Pusri, Selasa, 21 November 2017.

Teknik pemupukan yang benar dengan komposisi 500 kilogram pupuk organik, 300 kilogram NPK 200 kilogram Urea untuk setiap hektar kebun. Pemupukan berimbang, ucap Mulyono, juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan penyakit.

Kemarin Pusri meluncurkan demonstration plot (demplot) kopi di Kabupaten Lahat dan pendampingan kawalan teknologi bagi petani kopi. Melalui Komite Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K), Pusri akan menggarap demplot seluas total 2 hektare di Kecamatan Kota Agung dan Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat.

Pada demplot tersebut, akan diperlihatkan secara langsung penerapan teknologi pertanian yang telah terbukti meningkatkan hasil produksi pertanian, khususnya kopi. Sementara itu, Manajer Hubungan Masyarakat Pusri Hernawan L. Sjamsuddin menuturkan pihaknya menggandeng Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) untuk memberikan edukasi kawalan teknologi tentang cara budi daya tanaman kopi, mulai semai tanaman, pengelolaan tanah, penanaman, pemeliharaan, perawatan, pemanenan yang baik.

Selain memberikan budi daya tanaman kopi yang baik kepada petani, edukasi penggunaan pupuk dengan dosis berimbang dan pemanfaatan produk-produk inovasi Pusri untuk meningkatkan produktivitas tanaman kopi.

Seperti pupuk mikro Nutremag yang cocok digunakan pada tanah masam, pupuk hayati Bioripah yang telah diuji serta bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi pemupukan dan ramah lingkungan, serta pupuk Pusri Organik Cair yang dapat memperbaiki kondisi tanah dan meningkatkan hasil panen.-PARLIZA HENDRAWAN-