HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Petrokimia Bangun Pabrik Pupuk Organik

03 Juli 2008 PT Petrokimia Gresik menggandeng investor lokal di Sumatera Utara (Sumut) PT Prima Agro Organik untuk membangun pabrik pupuk organik dengan bahan baku kotoran sapi pertama di daerah itu.

Pabrik berkapasitas 20.000 ton per tahun ini akan dioperasikan di Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang. ??Gedung pabrik dan bahan baku sudah tersedia, tinggal menunggu dua unit mesin dari Gresik yang sedang dikirim. Diperhitungkan awal Agustus sudah bisa beroperasi,? ujar Kepala Pemasaran Wilayah Sumut PT Petrokimia Gresik Sudigdo di Medan kemarin.

Dia menyatakan, investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik tersebut cukup besar karena harga dua mesin pengolah pupuk itu saja sudah berkisar Rp2 miliar,ditambah pembelian dan sewa lahan serta biaya investasi lain. Dalam kerja sama pembangunan pabrik itu, Petrokimia menjadi penyedia teknologi dan formulasi pupuk organik itu serta memberi merek Petroganik. Sementara itu, PT Prima Agro Organik menjadi penyedia dana termasuk menyiapkan lahan untuk pabrik.

Pengusaha PT Prima Agro Organik Ester menyatakan, bangunan pabrik sudah selesai dan tinggal hanya menunggu pasokan listrik dari PT PLN yang sudah diajukan. ??Diharapkan tidak ada masalah dengan pasokan listrik. Ketika mesin sudah datang, bisa langsung uji operasi untuk bisa beroperasi mulai awal Agustus 2008,? ujar distributor pupuk Petrokimia di Tanah Karo itu.