HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Meski Kemarau, Stok Pupuk Cukup

17 Oktober 2012 Martapura, Suara Sumsel – Meski saat ini masih musim kemarau, namun kekhawatiran para petani terkait ketersediaan pupuk tidak akan terjadi. Karena, pihak gudang pupuk PT Pusri telah melakukan antisipasi akan kebutuhan pupuk hingga awal 2013 mendatang.

Kepala Gudang Pupuk Pusri di Martapura Sobirin kepada Suara Sumsel, kemarin mengatakan, saat ini stok pupuk urea di Gudang Martapura mencapai 3.467,25 ton. Dari total itu,1.425,90 ton kita siapkan open storing (di luar gudang-red). “Mengapa, open storing pupuk lantaran tidak bisa lagi ditempatkan di gudang karena over kapasitas,” ungkap Sobirin.

Katanya, dengan stok pupk yang ada tersebut, pihaknya yakin kebutuhan pupuk untuk tiga wilayah OKU, OKU Timur dan OKU Selatan khususnya masuk musim tanam yang diperkirakan pada bulan Oktober ini.

“Selain stok di Gudang Pupuk Martapura, kita juga menyiapkan stok di Gudang Kurungan Nyawa, berjumlah 3.481,75 ton dengan open storing sedikitnya 627,90 ton,” jelasnya.

Yang pasti, stok pupuk di Gudang Kurungan Nyawa, ungkap Sobirin, sebagian besar merupakan kebutuhan untuk petani di OKU Timur dan sekitarnya. “Khusus kebutuhan petani di OKU Timur, pada musim tanam Oktober ini diperkirakan mencapai2.853,85 ton.

Semua kebutuhan yang diajukan hingga mencapai angka yang sudah kita siapkan didasarkan pada RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok) melalui kelompok tani (koptan),” kilahnya lagi.

Namun pihak Pusri sudah menyiapkan stok pupuk tersebut, tentu tidak otomatis dibatasi. “Artinya kita siap menambah jika nantinya kekurangan atau tiba-tiba kebutuhan pupuk meningkat dari stok yang kita siapkan. Dengan kenyataan tersebut, hendaknya par petani yang ada di daerah OKU, OKU Selatan maupun OKU Timur tidak perlu cemas, semuanya tercapai, tegas Sobirin engan nada meninggi.(rid)