HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Masjid Al-Aqobah Pusri Favorit Itikaf Warga Palembang

09 Juni 2018
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Masjid Al-Aqobah 1 yang berada di kompleks PT Pusri menjadi lokasi favorit warga Palembang beribadah itikaf pada malam hari.

"Itikaf kali ini sudah memasuki tahun ke sepuluh pelaksanaanya,  Kalau mendengar pendapat para jemaah bahwa lokasi itikaf di Masjid Al-Aqobah ini adalah yang paling ramai dan nyaman, jadi bisa dibilang favorit juga," Kata Ketua pelaksana kegiatan itikaf Irhamto, Kamis (8/6). 

Ia menjelaskan itikaf merupakan aktivitas berdiam diri di dalam masjid  yang diisi dengan kegiatan berzikir, membaca Al Quran dan ibadah lainnya  pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Menurutnya tahun ini terjadi peningkatan jumlah jamaah cukup signifikan dimana pada hari pertama itikaf Masjid Al-Aqobah dipenuhi 1.108 jamaah, hari kedua 850 jamaah dan hari ketiga 1.200 jamaah. 

Pihaknya memprediksi jumlah jamaah mencapai puncaknya pada malam ke 27 Ramadhan kemungkinan dihadiri 1.500 jamaah. 

Jamaah itikaf tersebut berasal dari berbagai daerah dalam maupun luar Kota Palembang dan dari kalangan usia mulai balita hingga lansia mengisi waktu mereka dengan beribadah zikir, membaca Al-quran, mendengarkan kajian dan sholat sunnah di dalam serta teras masjid.

Irhamto menjelaskan dalam kegiatan itikaf  jamaah mendapatkan konsumsi berbuka dan sahur gratis selama 10 hari terakhir Ramadhan, dimana anggaran sepenuhnya berasal dari PT Pusri.

"Semoga dari itikaf ini jamaah bisa merasakan keberkahan Ramadhan dan nyaman beribadah di Masjid Al-Aqobah ini," ujar Irhamto. 

Ia menambahkan para pengisi kajian tak hanya berasal dari Kota Palembang saja, namun pihaknya turut mendatangkan mubaligh (pendakwah) dari luar kota, sementara tema-tema kajian berhubungan dengan aktivitas kehidupan ummat muslim sehari-hari.

Seorang jamaah Iyos mengatakan ia memilih masjid Al-Aqobah 1 untuk beri'tikaf karena tidak jauh dari rumahnya dan sudah biasa mengikuti berbagai kegiatan keagagamaan di masjid tersebut.

"Saya sudah ikut itikaf tiga tahun terakhir, disini pelayanan pengurusnya enak sekali, apalagi menu berbuka dan sahur gratis, selain juga mubaligh yang mengisi kajian memang ahli di bidangnya," tambah Iyos.

Selain Masjid Al-Aqobah 1 Pusri, beberapa masjid di kota Palembang juga menggelar itikaf seperti Masjid Raya At-Taqwa, Masjid Pelabuhan Boom Baru, Masjid Al-Furqon angkatan 66 dan Masjid komplek Pertamina Plaju.
 

Pewarta : Aziz Munajar 
Editor: Erwin Matondang 
COPYRIGHT © ANTARA 2018
Sumber: https://sumsel.antaranews.com/berita/335476/masjid-al-aqobah-pusri-favorit-itikaf-warga-palembang