HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Mandiri-Pusri Garap Pembayaran Pupuk Online

19 April 2011 PALEMBANG-Sebanyak 69 distributor PT Pusri, Senin (18/4), mendapat pengenalan sistem pembayaran online dari PT Bank Mandiri Wilayah II Palembang. Melalui sistem online ini, arus distribusi pupuk ditarget lebih lancar dari sebelumnya.

Menurut Kepala Kantor Wilayah II Bank Mandiri Palembang Adang Joedianto, pembayaran pupuk online ini sudah lama disiapkan untuk mengantisipasi tingginya transaksi pembayaran pupuk dari distributor aktif di PT Pusri. Dengan sistem online, diharapkan aktivitas transaksi distributor lebih efektif karena dapat dilakukan sepanjang waktu, termasuk Sabtu dan Minggu.

‘Ini jauh lebih praktis karena distributor tidak perlu lagi ke bank dan Pusri juga bisa langsung tahu berapa jumlah pembayaran setiap waktu,” kata Adang disela-sela acara sosialisasi pembayaran pupuk online di Hotel Horison kemarin.

Mengenai kerja sama ini, Adang mengaku tidak mematok target muluk-muluk. Dia hanya berharap pola pembayaran pupuk yang baru ini dapat membantu percepatan distributor menyalurkan pupuk ke petani di berbagai wilayah Sumsel. Karena masuk dalam kerja sama nasional, sistem pembayaran ini juga dapat dinikmati di 15 kabupaten dan kota di Sumsel.

Untuk menikmati fasilitas ini, distributor diberikan dua alternatif pilihan, yakni melalui layanan ATM dan internet. Khusus internet, pembayaran dapat dilakukan dengan membuka website resmi Bank Mandiri. “Petunjuknya jelas kok. Untuk transaksi di ATM, distributor bisa mengikuti petunjuk yang ada. Disana ada kode perusaaan Pusri untuk transaksi,” kata Adang.

Untuk meningkatkan kelancaran kinerja berbagai perusahaan terkemuka di Sumsel, kerja sama ini akan terus dilanjutkan ke PT Semen Baturaja. Adang berharap paling lambat akhir 2011, kerja sama pembayaran online juga sudah bisa diterapkan ke distributor semen. “Sekarang mereka sedang persiapan IPO. Mudah-mudahan kalau itu susah selesai, kita juga akan lakukan kerja sama pembayaran online seperti ini juga,” ujarnya.

Kerja sama seperti ini, kata Adang, akan terus digenjot untuk meningkatkan penggunaan layanan e-channel Bank Mandiri.

Area Manajer PPD Sumsel PT Pusri Palembang Masriza Ali mengatakan, tingkat transaksi pupuk bersubsidi memang sangat tinggi di wilayahnya. Pertahun, transaksi pupuk bersubsidi bisa mencapai Rp.450 miliar, demikian juga pupuk nonsubsidi sebesar Rp. 350 miliar. (Komalasari)