HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Maksimalkan Peran Corporate University

24 Juli 2017

PALEMBANG, SRIPO – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang bersama sejumlah BUMN lain seperti, PT Telkom, PT PLN, PT Pertamina, menggelar Forum Human Capital Indonesia (FHCI) DI Graha Pupuk Sriwidjaja (GPS). Forum membahas upaya memaksimal kan peran corporate university untuk mencetak Human Capital (SDM) yang unggul dan berkualitas.

Ketua Umum FHCI, Herdy R Harman, menjelaskan bahwa FHCI menjadi forum komunikasi bagi para Direktur SDM atau Direktur pengelola bidang SDM BUMN. Forum ini juga menjadi ajang bagi parah pemerhati bidang SDM untuk bersama-sama memberikan pemikiran strategis dan kebijakan dalam bentuk saran, kajian, masukan, pendapat serta rekomendasi pengembangan manajemen SDM kepada Kementerian BUMN dan masing-masing BUMN.

Indonesia itu punya 118 BUMN yang hebat dan beberapa diantaranya sudah mempuna Corporate University. Melalui pengoptimalan peran Corperate University kita bisa terus mengupgrade knowledge, kompetensi dll, sehingga dapat mencetak SDM BUMN yang unggul. Bagi BUMN yang belum memiliki Corperate University bisa bersinergi dan memanfaatkan yang sudah ada,”jelasnya.

Herdy menekankan ditengah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, pengembangan human capital di Indonesia di kancah global bisa menjadi lebih baik lagi dan berkualitas sudah menjadi hal yang penting.

Sudah saatnya talent muda kita menunjukan kualitas mereka kepada dunia. Saya yakin kita punya banyak talent berbakat yang menunggu untuk dipoles secara baik agar bisa bersinar cemerlang di dunia,” tutur Herdy.

Sementara itu, terkait wacana Kementerian BUMN yang berencana mendirikan “BUMN University” untuk menyiapkan SDM unggul, Herdy mengatakan, pihaknya siap terlibat dalam mendirikan BUMN University tersebut.

Saat ini masih wacana dan tengah dibahas jika sudah temukan konsepnya seperti apa FHCI siap mendukung. Untuk tahap awal saran saya BUMN bisa mengoptimalkan Corporate University yang ada, karena untuk bangun BUMN University costnya cukup besar. BUMN saat ini bisa bersinergi memanfaatkan corporate university,” pungkasnya.(cr26)