HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Latih Santri Kerajinan Bambu Dan Tebar 10 Ribu Lele

26 Juli 2018
RMOLSumsel. PT Pusri Palembang mengadakan pembinaan dan pelatihan pembuatan kerajinan bambu dan budidaya untuk santri di Pondok Pesantren Al-ittifaqiah Indralaya (PPI). Pelatihan dan budidaya ini dilaksanakan sejak 16-26 Juli 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu program CSR Pusri untuk pemberdayaan masyarakat sebagai usaha kreatif dan inovatif yang dilaksanakan di Kampus D, PPI Desa Tanjung Lubuk Kecamatan Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.  

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan kerjasama penanaman bibit bambu antara PT Pusri dan PPI yang dilaksanakan sejak tahun 2013. Inovasi program serumpun bambu sejuta berkah tidak hanya terpaku pada pelatihan pembuatan kerajinan tanggan dengan menggunakan bahan dasar bambu, namun kedepannya ketika pada santri yang dibekali pelatihan ini telah terampil diharapkan berkembang menjadi usaha yang mandiri dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta peluang usaha. 

Sebanyak 200 batang bambu jenis wulung atau bambu hitam digunakan untuk pelatihan ini dengan tenaga pengajar yang didatangkan langsung dari Lampung. Sedangkan untuk pelatihan budi daya ikan lele, instrukstur berasal dari Dinas Perikanan Ogan Ilir dengan total 10 ribu bibit ikan lele telah ditebar kedalam 8 kolam terpal. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan para santri dibidang perikanan dan kewirausahaan. 

Hadir dalam penutupan pelatihan ini antara lain H Tarmuji SP Kepala Dinas Perikanan Ogan Ilir, Kamaludin SSos Camat Inderalaya Selatan, KH Modrik Qori MA Mudir Ponpes Al-ittifaqiah Indralaya, Bakarudin Kepala Desa Tanjung Lubuk.

Sementara dari PT Pusri diantaranya, Triana Rospita Sekertaris Perusahaan & Tata Kelola, Rahmad Hamdani GM Operasi, Marvin Manager TK & MR, Heri Suharsono Manager PKBL dan Hermawan L Sjamsuddin Manager Humas.[rel/rik]
 
LAPORAN: ERIK OKTA
RMOLSUMSEL
Source : http://www.rmolsumsel.com/read/2018/07/26/98090/Latih-Santri-Kerajinan-Bambu-Dan-Tebar-10-Ribu-Lele-