HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Jadikan Kurban Landasan Pembangunan Karakter Bangsa

29 Oktober 2012 PALEMBANG, SRIWIJAYA POST.

Komisaris Utama PT Pusri Palembang Letjen TNI Purn H Burhanudin Amin mengajak memaknai filosofi cinta dan pengorbanan atas apa yang dilakukan Nabi Ibrahim AS serta sikap rela berkorban yang diturunkan sejak zaman para Nabi dan Rasul, guna menghadapi krisis tanggung jawab sosial yang merupakan masalah utama bangsa. Seruan Burhanudin ini disampaikannya kepada jemaah shalat Idul Adha 1433 H saat bertindak selaku khotib di Lapangan Masjid Al Aqobah I komplek PT Pusri Palembang, Jumat (26/10).

“Cinta adalah keterpautan hati seseorang pada sesuatu yang menimbulkan semangat keras untuk memenuhi keinginannya atau meraihnya. Hal itu bisa berupa cinta kepada Allah, kepada anak, wanita, harta, jabatan, pangkat dan lain-lain. Apabila seseorang sudah mencintai orang lain, maka ia akan rela mengorbankan apa yang ia miliki untuk membuktikan rasa cintanya itu, demikian juga apabila seseorang menyatakan cintanya kepada Allah, maka ia harus mampu membuktikan rasa cinta itu dengan berkorban demi kepentingan agama Allah,” seru Burhanudin.

Melihat sikap Ibrahim yang rela mengorbankan putra dan Ismail pun yang tidak ragu-ragu dan ikhlas memberikan jiwa dan nyawanya membangun sikap rela berkurban. Kesemuanya itu untuk satu nilai yang tinggi, yaitu keridhaan Ilahi.

“Apa pesan dibalik semua ini ? tentu saja Banyak. Diantaranya membangun sikap rela berkurban, membangun loyalitas, dan menjaga moralitas bangsa. Walaupun Rasul sudah lama tiada, para ulama banyak yang tidak ada, para pejuang juga banyak yang telah hilang. Namun jiwa dan semangat juang, semangat rela berkurban yang mereka wariskan kiranya tidak boleh ikut terbuang, bahkan kita wajib memeliharanya agar berbagai masalah dapat segera teratasi. Diantaranya masalah besar yang dihadapi bangsa ini adalah adanya krisis tanggungjawab. Tanggungjawab intelektual tanggungjawab moral, dan tanggungjawab sosial,” tegasnya.

Dalam sambutan Dirut PT Pusri Palembang pada penyerahan hewan kurban kepada masyarakat lingkungan yang dibacakan Direktur SDM dan Umum M Romli HM sebagai wujud kepedulian Pusri terhadap masyarakat lingkungan, Perusahaan memberikan 16 ekor sapi dan 12 ekor kambing yang disalurkan melalui masjid dan musholah yang berada disekitar lingkungan PT Pusri Palembang serta memberikan 8 ekor sapi untuk masjid Al Aqobah I, II, III, IV, V, kecamatan IT II dan kalidoni.