HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

JADI AJANG WISATA OLAH RAGA TAHUNAN

04 Desember 2012 PALEMBANG,SRIPO-PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang mendukung Musi Triboatton menjadi ajang wisata olah raga tahunan dan meneruskan pembinaan atlet agar terus berprestasi.Untuk olah raga air ini, atlet Sumsel memiliki potensi besar. Seketaris perusahaan (Sekper) PT.Pusri Zain Ismed, senin (3/12) mengatakan, pusri berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengembangkan olah raga air. Ajang tersebut bukan hanya menjadi salah satu olah raga yang menantang, tetapi sangat menarik untuk di kembangkan menjadi wisata andalan daerah.

Atlet-atlet olah raga air Sumsel memiliki potensi luar biasa, terbukti mampu menjadi juara umum pada ajang Musi Triboatton Internasional yang menempuh jarak sepanjang 500 kilometer, ” katanya. Dikatakan, keberhasilan tim pusri menjadi juara umum pada ajang yang berlangsung 26 November sampai 1 Desember sangat membanggakan.

Tim Pusri berhasil mengalahkan atlet-atlet dari Jakarta, Jawa barat dan juga tim utusan sejumlah negara, seperti Kamboja, Thailand, Singapura,dan Malaysia sehingga meraih juara umum sekaligus sebagai bukti kemampuan atlet-atlet Sumsel binaan PT Pusri luar biasa dan akan di lakukan pembinaan lebih baik lagi dan berkesinambungan.

Ismed menambahkan, Sumsel memiliki kekayaan yang luar biasa termasuk di kenal dengan batang hari sembilannya, dan terdapat sembilan anak sungai yang bermuara ke sungai musi. Batang hari sembilan dengan keindahan alam dan lintasan yang menantang sangat menarik wisatawan untuk berkunjung dan melakukan olah raga air. Sementara Musi Triboatton Internasional di ikuti 10 tim bukan hanya dari Indonesia, tetapi sejumlah delegasi Asia Tenggara, seperti Singapura dan Thailand juga ambil bagian dari ajang tersebut.

Selain itu, tim gabungan dari sejumlah negara, seperti Amerika Serikat dan Jerman juga mengikuti ajang di awali dari kabupaten Lintang Empat Lawang dan berakhir di Sungai Musi Palembang dengan lintasan mencapai 500 kilometer.

Beli Kapal
Sementara untuk mengatasi hambatan dangkalnya Sungai Musi dalam distribusi pupuk, PT Pusri Palembang membeli lima kapal baru. Untuk tahap awal baru di beli satu tahun ini, sedangkan tahun depan dua kapal lagi dari total lima kapal yang dibutuhkan. Pendangkalan Sungai Musi ini PR kita. Kami kesulitan mengeluarkan produk menyusuri Sungai Musi. Makanya kita harus membeli kapal-kapal baru, kapal yang dibangun sesuai dengan kedalaman air.

Ukuran kapalnya muat untuk 8.500 ton tetapi bisa untuk ke dalaman air 4 meter,” ungkap Dirut PT Pusri Palembang, Musthofa pada peringatan HUT ke-53 PT.Pusri Palembang, Sabtu (1/12) lalu, seraya menambahkan, akibat hambatan pengangkutan karena dangkalnya Sungai Musi ini Pusri kehilangan cargo 280 ribu ton per tahun.