HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

HET Pupuk Belum akan Naik

05 Maret 2009 Menteri Pertanian Anton Apriantono, Jumat (27/2) menegaskan Harga Eceran Tertinggi (HET) tidak akan naik dalam waktu dekat. Kenaikan HET diperkirakan baru akan terjadi tahun depan dengan catatan tekanan krisis ekonomi mulai surut.

Anton menjelaskan, kenaikan HET dari pupuk baru sebatas wacana. Kalaupun terjadi ia memperkirakan baru akan berlangsung tahun depan. Rencana kenaikan itu pun, menurutya, bergantung pada kebijakan pemerintahan yang akan datang. "Belum sekarang, itu nanti untuk tahun depan. Kita juga harus lihat gimana nanti pemerintahannya," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Deptan Sutarto Alimoeso. Ia mengatakan pemerintah tidak ada niat pemerintah menaikkan HET pupuk seperti yang diberitakan selama ini. "Deptan belum ada rencana menaikkan HET pupuk," ujar dia.

Menurut Sutarto, pengamanan pangan merupakan prioritas pemerintah dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional. Pupuk, kata dia, menjadi bagian sangat penting untuk mencapai target tersebut. "Di tengah tekanan krisis ekonomi yang masih berat seperti ini, tidak mungkin kita naikkan HET pupuk. Itu sangat tidak tepat," tegas dia.