HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Gas Naik, Biaya Produksi Pusri Tinggi

17 Juni 2013 TINGGINYA harga gas di pasar bebas menyebabkan biaya produksi pengolahan di PT Pupuk Sriwidjaya Palembang naik sebesar 30 persen. Selain berpengaruh terhadap tingkat penghasilan perusahaan. manajemen juga terpaksa menekan efisiensi terutama untuk belanja yang kurang produktif.

"Terjadi kenaikan harga sebesar 2 persen sehingga kondisi ini memaksa kita menaikkan produksi dan menekan efisiensi," kata Direktur Utama PT Pusri Palembang, Musthofa kemarin. Ia mengatakan harga gas pasar bebas dalam negeri saat ini ada pada level US$6 dollar 30 persen dari tahun sebelumnya yakni U$S3,8.

Menurut Musthofa, pihaknya selalu melakukan negosiasi kepada Kontraktor Production Sharing namun posisi tawar pusri yang rendah dalam bisnis jual beli ini menyebabkan Pusri sebagai produsen menaati semua keputusan yang ada. Untuk mengnatisipasi membengkaknya biaya produksi, Pupuk Sriwidjaya juga melakukan pengawasan terhadap pabrik-pabrik yang mengeluarkan biaya produksi tinggi. Pengawasan antara lain dengan menjada pabrik selalu dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan. (n Ida)