HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

BUMN Hadir Untuk Negeri

19 Agustus 2015

BERBEDA dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut HUT ke-70 Kemerdekaan RI tahun 2015 ini, BUMN di Sumatera Selatan melakukan berbagai kegiatan yang dampaknya dirasakan langsung masyarakat sekitar.

Sebanyak 30 BUMN di Sumsel bahu membahu untuk memberikan berbagai bantuan untuk masyarakat Sumsel. “Kami menyadari bahwa kemajuan BUMN di wilayah ini berkat dukungan pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di Sumsel. Maka dalam kesempatan HUT ini, kami ingin kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat harus dirasakan manfaatnya,”ujar Ir. Adityawarman, Dirut PT Jasa Marga (persero) Tbk, sekaligus koordinator kegiatan HUT ke-70 RI di Sumsel yang meng-usung tema “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Sesuai dengan arahan Menteri BUMN Rini M Soemarno, menjelang HUT ke-70 RI tahun ini, seluruh BUMN diminta untuk melakukan berbagai kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Berbagai kegiatan ini merupakan sebagai wujud terima kasih seluruh BUMN karena kehadiaran dan peran BUMN tidak bisa lepas dari sejarah Indonesia.

Menurut Adityawarman, ada 7 (tujuh) kegiatan wajib yang dilakukan secara bersamaan di 34 provinsi. Demikian juga di Sumsel, ada tujuh kegiatan wajib tersebut dilakanakan sebelum, sesudah, dan pada perayaan puncak HUT ke-70 RI. Kegiatan tersebut antara lain, jalan sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pengobatan gratis. Upacara, penambahan fasilitas laboratorium untuk 17 SMK di Sumsel, bedah rumah untuk 45 veteran, penjualan sembako murah dan ikut berpartisipasi dalam lomba perahu bidar dan ketek (perahu) hias.

Jalan sehat telah dilaksanakan pada 15 Agustus 2015 dengan mengambil start dan finish di halaman DPRD Provinsi Sumsel, yang diikuti kurang lebih 3 ribu peserta yang terdiri dari karyawan BUMN dan masyarakat umum. Untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para veteran yang ada di Sumsel, pada acara BUMN hadir untuk negeri tersebut, telah dilakukan kegiatan bedah rumah untuk 46 veteran yang masing-masing dianggarkan Rp 40 juta/rumah. Kegiatan ini didukung oleh PT Bukit Asam (persero) Tbk dan PT Jasa Marga (persero) Tbk. “Program bedah rumah ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap jasa-jasa pejuang kemerdekaan,”ujar Ahmad Sudarto, Direktur Keuangan PT Bukit Asam (persero) Tbk.

Setelah upacara PT Pusri melakukan penjualan sembako murah senilai Rp 100 ribu yang dijual hanya Rp 30 ribu. Hasil penjualan ini akan disumbangkan untuk beberapa rumah ibadah yang ada di Sumsel.

Masih di tanggal 17, sebagai wujud kepedulian terhadap budaya daerah PT Jasa Marga (persero) Tbk memberikan tambahan hadiah kepada para pemenang lomba bidar serta 70 karung beras untuk pemenang perahu hias. Untuk pemenang lomba bidar, PT Jasa Marga memberikan hadiah tambahan dengan senilai Rp 120 juta.

BUMN juga menyelenggarakan Siswa Mengenal Nusantara. Dalam program tersebut diselenggarakan pertukaran pelajar SMU seluruh Nusantara dari 34 provinsi. Selain itu juga dilaksanakan Program Direksi BUMN Mengajar. (105/adv)

Sumatera Ekspres
RABU, 19 AGUSTUS 2015