HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Ajak Warga Lakukan Kegiatan Ekonomi

14 Agustus 2018
Palembang – Lewat Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), PT Pusri mengadakan pelatihan daur ulang koran bekas dan pembuatan pupuk kompos. Selama dua hari, berlokasi di kampung hortikultura Lorong Kebumen Kelurahan Dua Ilir Kecamatan Ilir Timur Dua, Senin (13/8).

Melalui partisipasi dari kelompok masyarakat Kebumen Gemilang Sejahtera, Pusri mengajak masyarakat ikut bersama mengembangkan keterampilan. “Khususnya koran bekas menjadi produk kerajinan,” ujar manajer PKBL Pusri , Heri Suharsono. Dijelaskannya, kerajinan yang dihasilkan seperti kotak tisu, tempat buah, tas, vas bunga, tempat pensil dan lain sebagainya.

Diketahui, semua produk ini sudah pernah dipamerkan dan mengikuti berbagai event di Palembang. “Alhamdulillah sudah banyak masyarakat yang tertarik dan membelinya,” katanya.

Selain itu, Pusri juga mendukung dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pelatihan pengolahan pupuk kompos. “ Jadi nanti bahan bio aktivator akan disuplai dari Pusri, namanya Pusri Dectro (Sridec),” terangnya. 

Lewat ketua penggerak kelompok masyarakat, Siti menularkan ilmunya kepada masyarakat. “Nanti sampah organik akan kami racik di wadah dengan diberikan aktivator dari Pusri namanya Sridec,” katanya. Ia mengatakan, hari pertama agendanya edukasi buat pupuk kompos. Dilanjutkan esoknya kerajinan dari koran bekas.

“Pesertanya ada 20 orang. Gabungan dari warga Satu dan Dua Ilir meliputi RT 27, 28, 30 dan 31,” terangnya. Sedangkan mentornya ada tiga orang dari penggerak kelompok masyarakat dan pihak Pusri. (cjl4/lia/ce2).

Artikel terbit di harian Sumatera Ekspress tanggal 14 Agustus 2018 Hal 18