HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

699 Ribu Ton Urea Siap Disalurkan kepada Petani

21 April 2010 PALEMBANG - MI: Persediaan pupuk urea di tingkat kabupaten (lini tiga) di seluruh Indonesia saat ini dalam kondisi aman dengan jumlah 699 ribu ton dan siap disalurkan apabila para petani membutuhkan.

Direktur Pemasaran PT Pupuk Sriwidjaja (PT Pusri) Bowo Kuntohadi di Palembang, Sumatera Selatan, mengatakan saat ini petani tidak perlu khawatir kekurangan pupuk. "Kalau petani butuh pupuk, sekarang sudah ada di depan mata mereka," ujarnya, Selasa (20/4).

Ia mengatakan, persediaan pupuk itu dijamin sampai ke tangan petani sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Oleh karena itu ia mengancam menjatuhkan sanksi tegas kapada para distributor yang melakukan penyimpangan dalam menyalurkan pupuk.

"Kalau ada yang bertindak nakal, segera laporkan kepada kami, di mana, siapa dan kapan. Akan segera kami jatuhi sanksi," ujar Bowo saat mendampingi Direktur Utama PT Pusri Dadang Heru Kodri dalam acara coffee morning.

Menurutnya, dari 450 distributor rekanan Pusri di seluruh Indonesia saat ini ada satu distributor di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan, yang dijatuhi sanksi pemecatan sebagai distributor. Selain itu ada tiga distributor yang diberi peringatan, yakni di Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat.

General Manager (GM) Pemasaran Pusri, M Romli HM berharap peranan Komisi Pemantau Pupuk dan Pestisida (KP3) dimaksimalkan untuk memantau distribusi pupuk di daerah. "Kalau ada penyimpangan, segera lapor ke KP3 atau Pusri secepatnya agar pelaku dapat dijatuhi sanksi," papar Romli. (Bhm/OL-01)