HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Wartawan Kompas Juarai Pusri Jurnalistik Award

17 April 2010 Malam Penganugerahan Pusri Jurnalistik Award (PJA) berlangsung meriah di Istana Ballroom Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta (16/4). PJA merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Ulang Tahun Emas PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) yang jatuh pada tanggal 24 Desember 2009. Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama PT Pusri dengan Media Lintas Informasi (MLI) ini merupakan bentuk apresiasi Pusri kepada insan pers nasional, media cetak.

Acara penganugerahan semalam dihadiri oleh Menteri BUMN yang diwakili oleh Deputi bidang Agroindustri, kehutanan, kertas, percetakan, dan penerbitan Agus Pakpahan, seluruh Direksi PT Pusri, Direksi PT Pertamina, Anggota DPD RI asal Sumatera Selatan, dan Anggota Holding Pupuk. Juga hadir dalam acara tersebut para pimpinan media cetak, pengurus organisasi jurnalistik (PWI Pusat, IJTI, AJI, Dewan Pers, SPSI), serta mitra usaha Pusri, diantaranya Zainal Songket dari Palembang.

Dalam sambutannya, Agus Pakpahan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Pusri atas penyelenggaraan kegiatan Pusri Jurnalistik Award. Menurutnya pekerjaan sebagai wartawan adalah pekerjaan berat, dan belum tentu semua orang sanggup menjalaninya. Sehingga sungguh pantas apabila para wartawan diberi apresiasi seperti ini. ”Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berlangsung setiap tahun. Bahkan kalalu bisa dibuat lomba serupa setingkat BUMN, jadi judul acaranya BUMN Jurnalistik award”, tambahnya.

Direktur Utama PT Pusri Dadang Heru Kodri mengungkapkan bahwa saat ini peran jurnalis menjadi sangat strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. “Oleh sebab itu kami mengajak insan pers untuk menyampaikan informasi yang akurat, benar dan dapat dipercaya, guna memberikan pencerahan dan nilai-nilai yang dapat memajukan bangsa kita menuju masyarakat madani”, ujar Dadang.

Tak lupa Dadang menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang. Ke depannya Dadang berharap agar Pusri dapat menggelar kegiatan serupa bahkan menambah kategori lomba, seperti lomba foto jurnalistik.





Penganugerahan

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang berasal dari praktisi humas, pengamat media, jurnalis yang terdiri dari Kepala Humas Kementerian BUMN Mahmud Husein, PWI Pusat Syarifuddin, Bisnis Indonesia Bambang Supriyanto, Jurnal Nasional Budi Winarno, dan dari Pusri diwakili oleh Manajer Humas M. Zain Ismed, maka ditetapkan 6 pemenang sebagai berikut:

Juara 1 diraih oleh Boni Dwi Pramudyanto dengan tulisan berjudul ”Pusri, Setengah Abad Mendampingi Musi” dimuat di Harian Kompas, tanggal 17 Maret 2010. Juara 2 di raih oleh Chamdan Purwoko dan Aprika R Hernanda dengan judul karya “PT Pusri Mencari Napas Baru” dimuat di Harian Bisnis Indonesia, 25 Oktober 2009. Untuk Juara 3 diraih oleh Taufik Wijaya, dengan judul tulisan “Baru Setahun Dibina, Usaha Berkembang” dimuat di Beritamusi.Com, Sabtu, 13 Maret 2010.

Diposisi 4, keluar sebagai pemenang Syarif Umar dengan judul karya ”Menanti Keseriusan Pemerintah Merevitalisasi Pusri” , dimuat di Harian Sumsel Post, 17 Februari 2010. Untuk juara 5 di tempati oleh Asep Pajario dengan tulisan berjudul ”Penantian Industri Pupuk Nasional” dimuat di Harian Sriwijaya Post, Sabtu, 13 Maret 2010. Dan diurutan akhir, ditempati oleh Lisma Noviani dengan tulisan berjudul ”Sampah Itu Sungguh Berarti: Pusri Pelopor Industri Pupuk Organik” dimuat di Harian Sriwijaya Post, Rabu, 10 Maret 2010. (humas)