HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri Luncurkan Program CSR Pendidikan dan Lingkungan

05 September 2013 PT Pusri Palembang meluncurkan dua program CSR untuk memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas di bidang pelestarian lingkungan dan pendidikan (03/09). Program tersebut terdiri dari penanaman bambu dan pohon penghijauan dan beasiswa perguruan tinggi untuk anak petani. Pendekatan program CSR ditekankan pada permberdayaan masyarakat, karena Perusahaan tidak ingin sekedar memberi bantuan hibah, melainkan agar memberikan keuntungan yang baik kepada masyarakat secara berkelanjutan.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama, Musthofa, BLH Provinsi Sumsel, BLH Kota Palembang, DinasKehutanan Provinsi Sumsel, Dinas Kehutanan Kabupaten Banyuasin, Direktur RS Kusta dr. Rivai Abdullah Palembang, Dr. dr. H. Heriyadi Manan, Sp.OG, (K), beserta Muspida dan Muspika serta jajaran Direksi dan Manajemen PT Pupuk Sriwdjaja Palembang.

Serumpun Bambu Sejuta Berkah

Program yang ditujukan untuk menjaga kelestarian alam ini menitik beratkan pada kegiatan penghijauan dengan menanam 1.000 bibit bambu serta 2.000 buah bibit buah-buahan (manggis, sawo, mangga, kelengkeng) dan pohon-pohonan (waru, salam, jabon, ketapang).

Kegiatan penanaman pohon ini ditujukan sebagai program ekologi dan pemberdayaan terhadap masyarakat dimana pohon yang telah ditanam akan dipelihara dan diharapkan tumbuh terjaga dalam upaya meningkatkan pelestarian lingkungan, serta dari sisi ekonomi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Program penanaman bambu dan pohon penghijauan dilaksanakan melalui aksi langsung penanaman dan pembagian bibit pohon kepada warga. Lokasi perdana berada di daerah pinggiran Sungai Musi yang menjadi bagian dari lahan milik Rumah Sakit Kusta Dr. Rivai Abdullah di Jl. Sungai Kundur No.1 Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Palembang. Pohon bambu yang kaya manfaat tersebut nantinya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat dan orang yang pernah menderita kusta (OYPMK) sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan.

Dengan menanam 1000 bibit pohon bambu dan 2000 bibit pohon dan buah-buahan diharapkan dapat menghasilkan oksigen untuk kehidupan, menyerap gas karbon dan mengatasi polusi udara. Selain itu, Struktur akar bambu dapat mengikat tanah dan air dengan baik, dapat menyerap air hujan hingga 90 % serta mampu menahan erosi. Program ini akan diteruskan di sepanjang Sungai Musi yang bertujuan untuk memelihara DAS Musi yang mengalami sidementasi akibat erosi di daerah hulu sungai. Hal ini sangat berpengaruh terhadap jalur angkutan Sungai Musi yang merupakan urat nadi perekonomian dan sosial masyarakat Sumsel.

Program ini juga sejalan dengan komitmen Pusri dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dengan terlibatnya masyarakat secara langsung untuk menjadi bagian dalam kegiatan tersebut sehingga diharapkan dapat terjadi sebuah hubungan yang mengarah pada proses komunikasi dua-arah timbal balik antara perusahaan dengan publik.

Anak Petani Jadi Sarjana

Program CSR ini diberikan kepada siswa/siswi lulusan SMA yang meneruskan jenjang pendidikan ditingkat perguruan tinggi. Beasiswa ini khusus diberikan bagi mereka yang berasal dari keluarga petani/buruh tani yang tergolong kurang mampu serta terdaftar sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi di Indonesia yang mengambil program studi bidang pertanian (Agribisnis, Ilmu tanah, Budidaya Pertanian, Teknologi Pertanian, dsb).

Program CSR ini merupakan kepedulian Pusri terhadap dunia pendidikan sekaligus dunia pertanian di Indonesia. Bentuk CSR bidang pendidikan ini dipilih guna lebih mendekatkan Perusahaan dengan petani, karena petani sebagai konsumen utama pupuk urea tidak serta merta hidup dalam ekonomi yang berkecukupan. Diharapkan nantinya para siswa/siswi yang mendapat beasiswa tersebut dapat merubah perekonomian keluarga pada khususnya lewat jalur yang lebih dahulu ditekuni oleh para orang tua mereka. Kontribusi yang besar pun diharapkan dapat diberikan bagi kemajuan dunia pertanian di Indonesia.

Direktur Utama Musthofa menyatakan harapannya, bahwa CSR Pendidikan ini dapat diterima dan dipergunakan dengan baik, sehingga dapat mendukung kegiatan belajar mahasiswa/i terpilih. Diharapkan dengan adanya program beasiswa seperti ini, cita-cita untuk mencerdaskan bangsa dapat tercapai. Komitmen Pusri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya masyarakat lingkungan sekitar juga diwujudkan melalui beberapa program CSR pendidikan lainnya, yaitu program Beasiswa (tingkat SD,SMP, SMA/SMK).

Bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program beasiswa ini, dapat mengajukan surat permohonan Program Beasiswa Pusri dengan alamat sbb:


Departemen Humas PT Pusri Palembang
Gedung Utama Lt. 1
Jl. Mayor Zen Palembang 30118

Melampirkan fotokopi KTM / surat tanda sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri Fakultas Pertanian.
KTP orangtua / wali, Kartu Keluarga.
Melampirkan ASLI surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW setempat.
Melampirkan fotokopi Kartu Miskin atau Kartu Program Keluarga Harapan (jika ada).
Melampirkan ASLI surat keterangan sehat.
Melampirkan fotokopi rapor kelas X, XI, XII yang sudah dilegalisir.
Melampirkan fotokopi Sertifikat Prestasi dalam bidang sains / olahraga / seni dan budaya.
Melampirkan Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm.
Membuat surat pernyataan (hanya 1 lembar) yang menyatakan hal-hal berikut:
- Mahasiswa/i masih aktif kuliah.
- Mahasiswa/i adalah benar dari keluarga tidak mampu yang orangtuanya bekerja sebagai petani atau buruh tani.
- Mahasiswa/i berkomiten berkelakuan baik.
- Mahasiswa/I tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain.
Surat tersebut ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- dan diketahui oleh Orang Tua ybs dan Ketua Jurusan / Dekan (Salah satu) tempat ybs kuliah saat ini.
Lain-lain yang berhubungan dengan data pemohon.

Program Umroh

Tidak hanya memberikan beasiswa, Pusri juga akan memberikan kesempatan bagi warga yang dianggap memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya, tokoh desa, pengurus masjid, imam, bilal masjid, petani dan buruh harian lepas, untuk diumrahkan ke Tanah Suci secara gratis.



Palembang, 03 September 2013
Humas Pusri