HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri Journalistic Award II Tahun 2011

06 Mei 2011 Setelah kemeriahan dan kesuksesan pelaksanaan Pusri Jurnalistik Award (PJA) I Tahun 2010 lalu, PT Pusri Palembang melalui Departemen Humas yang bekerjasama dengan Media Lintas Informasi (MLI) kembali mengadakan PJA II Tahun 2011. Perlombaan karya tulis dan foto bagi para jurnalis lokal dan nasional ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT PT Pusri Palembang ke-51 sekaligus merupakan bentuk apresiasi Pusri kepada insan pers dan juga media cetak.

Tema besar yang diangkat untuk perlombaan karya tulis tahun ini adalah mengenai peran Pusri bagi ketahanan pangan nasional. Hal ini terkait dengan peran serta Pusri dalam mengabdi bagi negeri dengan memberikan kontribusi nyata untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan produktivitas sektor pertanian selama lebih dari setengah abad.

Tema yang akan dilombakan untuk kategori penulisan feature dan foto adalah: “Pusri Palembang pasca restrukturisasi dan Era baru PT Pusri Palembang”, dengan subtema antara lain:
- Peran Pusri bagi ketahanan pangan dan pemberdayaan petani
- Solusi efektif bagi penguatan industri pupuk nasional
- Kiprah Pusri dalam peningkatan ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan masyarakat lingkungan.
- Restrukturisasi Pusri, tantangan dan peluang bagi kelangsungan industri pupuk
- Pusri dan pembangunan industri berwawasan lingkungan.
Peserta lomba untuk karya tulis dan fotografi merupakan seluruh mitra pers yang melakukan kegiatan jurnalistik di wilayah Indonesia dengan materi tulisan/foto yang dimuat di media, dan bukan merupakan press release maupun liputan event.

Karya tulis dan foto yang akan menjadi nominasi peserta lomba adalah karya yang masuk terhitung sejak penerbitan di Media pada bulan Februari hingga 23 April 2011. Verifikasi karya peserta lomba dilakukan oleh panitia lomba, sedangkan penilaian karya tulis yang masuk dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari redaktur pelaksana di beberapa harian nasional serta fotografer senior yang berasal dari surat kabar nasional di Jakarta, antara lain:
• Lomba karya tulis:
- Mahmud Husen (Humas Kementerian BUMN)
- Budi Winarno (Redaktur Pelaksana Jurnal Nasional)
- Eddy Lalengko (Redaktur Pelaksana Sinar Harapan)
• Lomba Fotografi:
- Jeri Adiguna (Ketua Perhimpunan Pewarta Foto dari Jakarta Post)
- Saptono (Redaktur Foto LKBN Antara)
- Eddy Hasbi (Redaktur Foto Harian Kompas)

Penetapan pemenang lomba sendiri sepenuhnya menjadi wewenang Dewan Juri. Panitia lomba menyerahkan seluruh naskah yang masuk untuk dinilai dengan tanpa menyertakan nama penulis dan surat kabar di mana tulisan tersebut dimuat sehingga penilaian dapat terjaga kemurniannya.

Konferensi Pers antara wartawan dengan Direksi yang didampingi oleh Staf PT Pusri Palembang mengenai penyelenggaraan PJA II berlangsung di RM Pagi Sore, Jl. Basuki Rahmad Palembang (5/2). Selain di Palembang audiensi dengan wartawan media cetak juga berlangsung di Jakarta (11/2) bertempat di Kantor Pusri Jakarta.

Malam penganugerahan bagi insan pers sendiri dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 6 Mei 2011 bertempat di Ball Room Hotel Novotel Palembang. Selain mengundang para pemenang lomba, rencananya malam penganugerahan turut dihadiri oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin. Pemenang lomba selain memperoleh plakat dan piagam penghargaan, juga berhak atas hadiah uang sebesar Rp 10 juta untuk Juara Pertama, Rp 7,5 juta bagi juara II, Rp 5 juta bagi juara III dan juara harapan I memperoleh uang sebesar Rp 2,5 juta, dengan semua biaya akomodasi dan transportasi ditanggung panitia.

Dengan pelaksanaan PJA II ini diharapkan dapat semakin memacu para jurnalis untuk menghasilkan karya terbaik bagi pencerahan dan kesadaran bagi pemberdayaan petani dan ekonomi lokal disamping memberikan pengetahuan dan pemahaman lebih luas kepada masyarakat dalam perspektif yang komprehensif terkait dengan keberadaan Pusri sebagai salah satu ujung tombak pembangunan sektor pertanian di Tanah Air. (Rie)