HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri implementasikan software ERP-SAP

05 April 2016
pic22CFE4D5CC048F86C9D247F8E2C34B80.jpg

PALEMBANG - Enterprise Resource Planning (ERP) adalah suatu sistem perencanaan dan penjadwalan dengan alat bantu komputer yang mengintegrasikan seluruh fungsi penjualan, produksi, akunting dan distribusi dengan sasaran untuk mengoptimalkan semua sumber daya seperti material, sumber daya manusia dan kapasitas mesin.

 

Proyek Implementasi ERP di PT Pupuk Indonesia (Persero) atau dikenal dengan “SKI Project” akan berkontribusi dalam peningkatan sinergi, konsolidasi dan efektifitas kerja antara Pupuk Indonesia dengan seluruh anggota holding sehingga didapatkan keselarasan proses bisnis.

 

Beberapa kontribusi yang diharapkan dapat tercapai dengan dukungan ERP adalah Integrasi data keuangan, standarisasi proses bisnis, standarisasi data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, sehingga dapat membantu Pupuk Indonesia Group dalam melakukan pemantauan dan pengontrolan proses bisnis.

 

Saat ini anggota holding Pupuk Indonesia Grup menggunakan software ERP yang beragam dan tidak terintegrasi satu sama lain. Contohnya, Pusri menggunakan software IFS, PT Pupuk Kalimantan Timur menggunakan Protean, dan PT Pupuk Iskandar Muda menggunakan Oracle Finance, dst. Selain itu, proses bisnis pada setiap perusahaan tersebut juga memiliki karakteristik tersendiri. Masing-masing perusahaan memiliki kebijakan dan metode yang beragam dalam pelaksanaan operasional bisnis. Dengan adanya proyek ERP ini maka Software ERP di seluruh anggota Pupuk Indonesia Group menjadi satu software saja, sehingga proses bisnis di PIHC Group akan menjadi terintegrasi dan selaras satu sama lainnya.

 

Software ERP yang digunakan adalah software SAP (System, Applications and Products in Data Processing). Software ini merupakan produk buatan Jerman dan perangkat lunak ERP yang menguasai Dunia, karena memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai macam aplikasi bisnis, dimana setiap aplikasi bisnis mewakili area bisnis tertentu.

 

Modul-modul implementasi SAP-ERP Pupuk Indonesia Group sebagai berikut:

  • Modul FI/CO (Financial Accounting/Controlling) yaitu Keuangan/Akutansi.

  • Modul MM (Material Management) yaitu Pengadaan, Pergudangan.

  • Modul e-Proc (Electronic Procurement)

  • Modul PP (Production Planning) yaitu perencanaan produksi, proses produksi.

  • Modul PM (Plant Maintenance) yaitu pemeliharaan.

  • Modul Basis & ABAP (Technical and Programming)

  • Modul HR (Human Resources / Sumber Daya Manusia) yaitu Administrasi Personalia, Manajemen Organisasi, manajemen waktu, manajementravel, recruitment, training, benefit dan compensation, payroll

  • Modul SD (Sales and Distribution) yaitu Penjualan dan Distribusi

  • Modul BPC (Business Planning and Consolidation) yaitu perencanaan anggaran dan konsolidasi.

  • Modul QM (Quality Management) yaitu manajemen kualitas, inspeksi.

 

 

 

 

Palembang, 04 April 2016

Humas Pusri