HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri Gelar Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Besar

24 April 2018
pic120592FEFEA610DAA3C0917DE4023A32.jpg
Pada hari Senin tanggal 23 April 2018 sekitar pukul 15.00 WIB terjadi kebocoran ammonia dari  tangki truk ammonia cair di area lambung parkir jalan/jalur distribusi dekat pos 16 PT Pusri Palembang, akibat BV venting diatas tanki patah terkena dahan pohon. Angin bergerak dengan kecepatan 1,6m/detik ke arah Utara. Luas daerah paparan gas ammonia yang sangat membahayakan diperkirakan mencapai ± 400 M². Terdapat korban sebanyak 3 (tiga) orang yang terdiri dari1 (satu) orang karyawan TKNO anggota Sekuriti Pos-16 yang sedang berpatroli mengalami kesulitan bernafas,matanya merah (iritasi), dan luka memar dilutut dan dua orang lainnya dari kernet dan supir truk tanki. Kernet truk mengalami cidera lutut kiri akibat melompat dari ruang kabin, iritasi pada mata dan mengalami kesulitan bernafas.Sedangkan driver truk tanki terpapar uap ammonia sehingga mengalami kesulitan bernafas, mual, tenggorokan perih, dan iritasi pada mata”

Palembang – Pusri menggelar Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Besar pada Senin (23/4). Tidak kurang dari 50 orang dari berbagai unit kerja yang ada di Pusri terlibat dalam kegiatan yang rutin digelar setiap tiga tahun sekali.

Darurat besar didefinisikan sebagai keadaan darurat yang dapat mempengaruhi unit-unit yang lainnya serta untuk penanggulangannya diperlukan pengerahan tenaga yang besar / banyak, bantuan dari luar PT. Pusri Palembang, relatif memakan waktu yang lama, kemungkinan menyebabkan banyak korban cidera, menyebabkan kerusakan lingkungan secara luas dan diperlukan evakuasi dengan skala besar. Selain PKD Besar, setiap tahunnya Pusri juga mengadakan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Kecil. Perbedaannya terletak pada potensi dampak yang ditimbulkan dan petugas yang terlibat. 

Selain untuk mengukur kesiapan kerjasama dan koordinasi antar unit kerja yang terkait dalam penanggulangan keadaan darurat, kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan alat bantu penanggulangan itu berfungsi dengan baik semuanya. 

Melalui latihan penanggulangan darurat kesiapan unsur-unsur inti seperti petugas Fire Fighting Group (FFG), Sekuriti, Tim P3K dan Tim Medis dan sarana penanggulangan keadaan darurat juga dievaluasi dengan cermat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Pusri selalu siap dalam keadaan darurat kapanpun terjadi.
 

Palembang, 23 April 2018
Humas Pusri