HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Produk Daur Ulang Siswa dilombakan di Pusri

21 Juli 2010 Masih dalam semangat perayaan hari lingkungan hidup sedunia, Pusri menyelenggarakan lomba daur ulang limbah plastik untuk tingkat SMP dan SMA se-Palembang (20/7). Kegiatan ini diikuti oleh 10 SMP dan 8 SMA yang ada di kota Palembang. Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 tim dengan produk daur ulang yang berbeda-beda.

Lomba ini dilaksanakan untuk menggugah kepedulian generasi muda terhadap kelestarian lingkungan hidup, ujar Ketua Panitia Lomba Edy Wibawa. Disamping itu, lomba ini juga untuk mengasah kreativitas siswa dalam pelestarian lingkungan hidup dengan cara merecycle limbah plastik menjadi suatu produk yang dapat digunakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.

Produk daur ulang yang dihasilkan para siswa sekolah ini terdiri dari berbagai jenis, antara lain: lampu tidur, tirai, pot bunga, tas/keranjang, dompet, jas hujan, plakat, payung, sandal, tutup dispenser, tempat penyimpanan file, dan lain-lain. Dewan juri yang terdiri dari Staf Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Palembang serta Staf Lingkungan Hidup PT Pusri menilai berdasarkan optimalisasi bahan daur ulang yang digunakan, kreativitas hasil produk daur ulang, fungsi produk yang dihasilkan, juga keindahan serta keapikan produk secara keseluruhan.

Setiap karya daur ulang dinilai oleh dewan juri berdasarkan kriteria tersebut. Kemudian dipilih lima nominasi dari setiap tingkat. Setiap nominator harus mempresentasikan hasil karyanya dihadapan para juri serta penonton. Hal-hal yang harus dipresentasikan antara lain komposisi bahan-bahan yang digunakan, cara dan waktu pembuatan produk, cara kerja dan manfaat produk, serta biaya yang dibutuhkan.

Berdasarkan hasil penjurian, SMP 7 dengan hasil karya daur ulang Jas Hujan berhasil meraih juara 1. Sedangkan juara 2 dan 3 ditempati oleh SMP Xaverius 7 dengan hasil karya Tas Buah, dan SMP 46 dengan karya daur ulang berupa dompet. Juara Harapan 1 diduduki oleh SMP 52 dengan hasil karya berupa Lampu Tidur, dan Lampu Pop Mie hasil karya daur ulang SMP 54 keluar sebagai Juara Harapan 2.

Untuk tingkat SMA, karya daur ulang tanaman bonsai milik SMA 14 berhasil mencuri perhatian para juri dan keluar sebagai Juara 1. Untuk Juara 2 ditempati oleh SMA Pusri dengan hasil karya berupa Tirai Pelangi. Posisi ketiga diraih oleh SMP 46 dengan karya daur ulang berupa dompet. Juara Harapan 1 dan Harapan 2 direbut oleh SMA 16 dengan hasil karya Plakat, dan SMA 6 dengan hasil karya Payung Plastik Daur Ulang. (hms)