HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

PETANI MITRA BINAAN PUSRI HADIRI SOSIALISASI DAN PANEN RAYA

09 Pebruari 2017
PALEMBANG - Melalui Departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), PT Pusri Palembang melaksanakan “Sosialisasi Teknologi Pengolahan Tanah dan Pola Pemupukan Berimbang Sekaligus Panen Raya Petani Mitra Binaan PT Pusri Palembang”. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Daya Utama, Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin (09/02) dan dihadiri oleh Direksi PT Pusri Palembang, Karyawan dari unit kerja terkait, Kepala Dinas Pertanian Banyuasin, Camat Muara Padang, Kepala Cabang Dinas Pertanian Muara Padang dan Kepala Desa Daya Utama.

Sosialisasi mengenai Teknologi Pengolahan Tanah dan Pola Pemupukan Berimbang akan disampaikan oleh Staf dari Departemen Riset PT Pusri Palembang dan dihadiri juga oleh 16 (enam belas) mitra binaan di Wilayah Kecamatan Muara Padang dan 14 (empat belas) mitra binaan di Desa Daya Utama. Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini agar petani khususnya di Desa Daya Utama dapat mengetahui cara pemupukkan yang baik dan benar serta agar hasil panen petani dapat meningkat setelah mendengarkan sosialisasi yang telah diberikan.
 
Salah satu Program Kemitraan Departemen PKBL yaitu Program pinjaman modal kerja kepada kelompok tani yang dilaksanakan pada awal musim tanam dan selanjutnya pengembalian dapat dilakukan setelah panen. Petani Mitra Binaan PT Pusri Palembang di Desa Daya Utama merupakan salah satu Desa yang menerima bantuan pinjaman modal kerja. Adapun bantuan yang diberikan kepada petani yaitu :
 
1. Pupuk Urea, NPK, SP-36
2. Biaya Obat Tanaman
3. Biaya Pembelian Bibit
4. Biaya Garap
 
Usai melaksanakan sosialisasi kepada petani mitra binaan PT Pusri Palembang, acara dilanjutkan dengan panen raya yang dilakukan di Desa Daya Utama dengan luas lahan sebesar 208 Ha. Total panen raya ini yaitu mencapai 9,6 ton/hektar dari target 11 ton/hektar. Sedangkan untuk tahun 2017 sendiri PT Pusri Palembang akan mengalokasikan dana sebesar Rp. 16 Milyar untuk program pinjaman modal kerja. Diharapkan melalui program kemitraan Departemen PKBL ini, petani dapat percaya dan akan tetap menggunakan produk-produk dari PT Pusri Palembang.
 
Sehingga PT Pusri Palembang akan mampu untuk tetap bertahan dan bersaing dengan perusahaan produsen pupuk dan kimia lainnya. Selain itu perusahaan akan terus berinovasi serta melakukan revitalisasi pada pabrik-pabrik existing yang sudah tua. Sebelumnya sudah dilakukan revitalisasi pada Pabrik Pusri II menjadi Pusri-IIB dan peresmiannya akan dilaksanakan pada Tahun 2017 ini.