HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Donor Darah Warnai Bulan K3 Pusri

27 Maret 2018
picFDE81A562B05191E103DF47483FA9210.jpg

Palembang – Dalam rangka memperingati bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), PT Pusri Palembang melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang (15/03).


Seluruh keluarga besar PT Pusri Palembang turut berpartisipasi pada kegiatan ini, tidak hanya karyawan aktif di lingkungan pabrik dan kantor melainkan para pensiunan juga turut ambil bagian. “Acara ini sudah rutin bahkan setahun kita minimal kali, jadi mereka yang sudah jadi pendonor aktif sudah tahu jadwalnya bahkan menunggu kalo kita mau buat kegiatan donor darah,” ujar Manager K3LH Balia Akhmad.


Tidak hanya dalam bulan K3, Pusri rutin menggelar kegiatan donor darah tiga kali dalam satu tahun. Dua diantaranya adalah ketika bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI dan HUT Pusri di bulan Desember. “ Targetnya untuk donor kali ini 350 kantong, jadi dalam satu tahun dari Pusri saja ada sekitar 1000 an kantong darah” tambah Balia.


Sebelum melakukan donor darah, pendonor akan melakukan cek tensi darah dan kesehatan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya seseorang melakukan donor darah. “Tidak semua orang bisa donor juga, kalau tensi tinggi kami akan tunda untuk ikut donor pada kesempatan berikutnya,” ujar Ketua Pelaksana Indah Nurkasih.


Selain faktor sosial, donor darah merupakan gerakan kesehatan yang perlu dilakukan secara rutin yang memiliki manfaat individu seperti mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, meningkatkan produksi darah, dan screening berbagai penyakit seperti infeksi HIV, hepatitis B, dan lain sebagainya.