HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Berdayakan Masyarakat Melalui 1000 Bibit Hortikultura

19 Januari 2015 PALEMBANG – Sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat lingkungan, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) mengajak warga kecamatan Ilir Timur II dan Kalidoni untuk menanam tanaman hortikultura di pekarangan rumah. Kegiatan ini dimulai dengan penyaluran 1000 bibit hortikultura ke 4 Kelurahan di lingkungan ring 1 PT Pusri. Bibit tersebut merupakan jenis tanaman yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti cabe keriting, cabe rawit, dan tomat dalam pot.

Manager Humas PT Pusri Palembang, Sulfa Ganie disela-sela acara pemberian 1000 bibit mengatakan bahwa Pusri mencoba mengakomodir keinginan warga untuk memanfaatkan lahan tempat tinggalnya sebagai tempat bercocok tanam dengan tanaman yang bermanfaat. “Keinginan warga ini baru kami ketahui dari hasil social mapping yang dilakukan tahun lalu,“ ujarnya. Pusri berharap agar, kelompok percobaan ini dapat menjadi kader dan mampu memotivasi warga lainnya untuk mulai memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing sebagai tempat menanam cabe, tomat, dan tanaman lainnya.

Penyaluran 1000 bibit ini merupakan tahap awal dari rencana jangka panjang Pusri untuk membentuk kelompok wirausaha khusus tanaman hortikultura. Goal dari kegiatan ini adalah agar masyarakat lingkungan menjadi mandiri dan mampu menambah penghasilan dari kegiatan bercocok tanam tanaman hortikultura. Hal ini sejalan dengan makna keberadaan PT Pusri, yaitu untuk kemandirian pangan dan kehidupan yang lebih baik.

Dalam tiga bulan kedepan, Pusri berencana untuk menambah jumlah dan jenis bibit tanaman serta memperbanyak warga yang ingin menjadi peserta. Pusri juga memberikan asistensi kepada warga dengan menghadirkan konsultan pendamping yang akan membantu, mendampingi, dan mengajari warga memelihara tanaman tersebut hingga panen. Lebih lanjut lagi, Pusri akan membuka sarana pelatihan bagi warga yang ingin mempelajari ilmu bercocok tanam di Kebun Percobaan milik PT Pusri (Lr. Abadi, Kecamatan Kalidoni), dibawah pengawasan Departemen Riset PT Pusri.


ALOKASI PENDISTRIBUSIAN TANAMAN – PENGENALAN BUDIDAYA TANAMAN CABAI MERAH KERITING, CABAI RAWIT DAN TOMAT DALAM POT DI SEKITAR WILAYAH PT PUSRI PALEMBANG



NO

KECAMATAN

KEL

RT

ALAMAT

PENANGGUNGJAWAB

TANAMAN

JADUAL PENGIRIMAN

I

Ilir Timur 2

2 Ilir

29

Jl Prajurit Kemas Ali Lr Setia Rt 29 Kelurahan 2 Ilir Palembang

Musyawir

Cabe Merah dan Cabe Rawit

14 Januari 2015

30

Jl Sersan Zaini Lr Kebumen 2 Rt 30 Kelurahan 2 Ilir Palembang

Siti Muzayanah

Tomat

14 Januari 2015

II

Kalidoni

Kalidoni

17

Jl Iswayudi Rt 17 Rw 04 Kalidoni Palembang

Haryadi

Tomat

15 Januari 2015

40

Jl Iswayudi Rt 40 Rw 04 Kalidoni Palembang

Dulhaji Pohan

Cabe Merah dan Cabe Rawit

15 Januari 2015

Sei Selayur

8

Jl Mayor Zen Lr Margoyoso Rt 08 Rw 03 Sei Selayur

S. Indra SA

Tomat

15 Januari 2015

28

Jl Mayor Zen Lr Smendawai Rt 28 Rw 07 Sei Selayur

Munhar

Cabe Merah dan Cabe Rawit

14 Januari 2015

Sei Selincah

01

Jl Mayor Zen Lr Mufakat Rt 01 Rw 02 Sei Selincah Palembang

Darma

Cabe Merah dan Cabe Rawit

15 Januari 2015

2

Jl Mayor Zen Lr Abadi Rt 02 Rw 03 Sei Selincah Palembang

Tini

Cabe Merah dan Cabe Rawit

Tentative

4

Jl Mayor Zen Lr Abadi Rt 04 Rw 03 Sei Selincah Palembang

Sumaryono

Cabe Merah dan Cabe Rawit

Tentative

52

Jl Mayor Zen Lr Abadi Rt 52 Rw 02 Sei Selincah Palembang

Lapandi

Cabe Merah dan Cabe Rawit

Tentative