HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Tangki Amonia PT Pusri Bocor, Tiga Orang jadi Korban Harus Dilarikan ke RS

April 24 ,2018
SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Suasana mencekam menyelimuti area Jalur Distribusi (dekat pos 16) PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang. Pasalnya, terjadi kebocoran amonia cair dari tanki truk yang disebabkan karena patahnya BV akibat terkait dahan pohon.
 
Dimana akibat kejadian itu, tiga orang, yakni sopir, kernet dan petugas patroli harus dievakuasi dari lokasi kebocoran, Senin (23/4/2018).
 
Tiga orang korban yang ditemukan mengalami irritasi mata, luka memar dan kesulitan bernafas di jalur distribusi akibat terpapar gas ammonia pada saat menyelamatkan diri. Tim P3K langsung melakukan evakuasi korban ke klinik darurat, dan selanjutnya membawa korban ke IGD RS Graha Pusri Medika (GPM).
 
Kejadian tersebut kemudian dilaporkan petugas Sekuriti Pos-16 ke Danru Sekuriti yang selanjutnya melaporkan ke Superintenden Sekuriti dan Superintenden PK & KK.
 
Superintenden PK & KK yang menerima laporan segera memerintahkan Superintenden Shift PK & KK dan Tim segera melakukan penanggulangan kebocoran dan memerintahkan evakuasi pekerja yang terkena dampak kebocoran ketempat yang aman dan berkumpul di  Assembly Point yang telah ditetapkan sesuai arah angin.
 
Petugas Safety, Sekuriti dan anggota regu bantuan (FFG & Representatif K3) berjibaku menanggulangi kebocoran ammonia tersebut, sehingga kebocoran ammonia tersebut bisa dikendalikan.
 
Namun, aksi ini bukanlah kejadian sebenarnya, ini merupakan simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Besar. Tidak kurang dari 50 orang dari berbagai unit kerja yang ada di Pusri terlibat dalam kegiatan yang rutin digelar setiap tiga tahun sekali.
 
Artikel ini telah tayang di sripoku.com, http://palembang.tribunnews.com/2018/04/23/tangki-amonia-pt-pusri-bocor-tiga-orang-jadi-korban-harus-dilarikan-ke-rs.
 
Penulis: Rahmaliyah  
Editor: Reigan Riangga