HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Pusri Raih Proper Hijau

January 01 ,2019

PALEMBANG, TRIBUN – PT Pupuk Sriwidjaja Palembang meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (proper) dengan peringkat hijau. Ini merupakan Proper Hijau kedepalan yang di terima berturut-turut sejak Tahun 2011. Proper merupakan salah satu program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam upaya untuk menstimulasi penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

 

Program ini dikembangkan sejak Tahun 2002 dengan tujuan untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelola lingkungan hidup dan mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perumahaan. Kriteria penilaian PROPER adalah DRKPL (Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan) dan Dokumen Hijau.

 

DRKPL adalah Dokumen Ringkasan yang memetakan aliran informasi material, energi, air dan lainnya sehingga informasi tersebut menjadi etalase kinerja pengelolaan lingkungan, komitmen perusahaan dan ekspresi pencapaian Beyond compliance.

 

Dokumen Hijau terdiri dari 8 kriteria penilaian: Sistem Manajemen Lingkungan, efesiensi Energi, pengurangan Pencemaran Udara, Pengurangan & pemanfaatan limbah B3, 3R Limbah Non B3, efesiensi Air dan penurunan Beban pencemar Air, keanekaragaman hayati dan community development. Kriteria tersebut berisi kebijakan, Struktur dan tanggung jawab, perencanaan, pelatihan, pelaporan, Benchmarking dan Implementasi.

 

Direktur Produksi PT Pusri, Filius Yuliandi dalam keterangan resminya menyampaikan, penghargaan PROPER Hijau ini merupakan wujud komitmen PT Pusri Palembang dalam menjaga kelestarian lingkungan di pabrik maupun yang berada di sekitar pabrik.

 

''Keberhasilan ini menunjukan bahwa komitmen perusahaan yang sudah menjalankan kegiatan bisnis telah sesuai dengan peraturan pemerintah dalam hal menjaga kelestarian lingkungan hidup,” jelasnya, Selasa(1/1/2019).

Lanjut Filius, dalam pengelolaan lingkungan, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang tidak hanya mengikuti aturan baku yang ditetapkan, tetapi telah melakukan praktik terbaik, menyeluruh dan berkelanjutan.

 

Kunci pencapaian ini adalah konsistensi perhatian terhadap lingkungan dan hubungan masyarakat memalui inovasi dan perubahaan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Upaya berkelanjutan PT Pusri Palembang difokuskan pada bidang lingkungan, konservasi dan efisiensi energi dan air serta partisipasi aktif dalam hubugan masyarakat.

 

Konsistensi raihan ini merupakan hasil komitmen, koordinasi dan kerjasama yang terpadu di seluruh stakeholder PT Pusri Palembang yang memprioritaskan penataan semua aspek pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan.(cr26/sp)



Sumber : Tribun Sumsel