HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Pusri Ekspor Pupuk Urea Ke Sejumlah Negara Asia

September 22 ,2014
Jakarta, ABIM (20/9) – PT Pupuk Sriwidjaja hingga pertengahan September 2014 telah mengekspor pupuk urea ke sejumlah negara di Asia sebanyak 71.719 ton. Penjualan pupuk urea secara komersial itu dilakukan karena kebutuhan pupuk petani dalam negeri dapat dipenuhi perusahaan secara maksimal sementara masih terdapat kelebihan produksi yang cukup besar, kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri), Sulfa Ganie di Palembang, Jumat.

Menurut dia, perusahaan pupuk milik negara yang berkantor pusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan ini, mampu memenuhi seluruh kebutuhan petani di wilayah kerja meliputi sembilan provinsi yakni Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemasaran pupuk urea secara komersial ke luar negeri itu akan terus ditingkatkan seiring sedang dilakukannya peningkatan kapasitas produksi dengan membangun satu pabrik baru proyek revitalisasi pabrik paling tua yakni pabrik Pusri II yang dibangun pada 1974.

Penjualan pupuk urea ke luar negeri atau secara komersial itu pada prinsipnya tidak mengorbankan kewajiban perusahaan memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi petani di sembilan provinsi rayon yang ditetapkan pemerintah tersebut. “Sekarang ini empat pabrik yang memiliki total kapasitas produksi terpasang mencapai 2,262 juta ton pupuk urea per tahun secara umum beroperasi dengan baik sehingga kelebihan produksinya sebagian bisa dialokasikan untuk memenuhi permintaan luar negeri,” ujarnya. (ABIM/Anwaruddin Saleh)