bambu merupakan tanaman yang tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia.

banyaknya keunggulan, manfaat dan nilai ekonomi yang diperoleh dari tanaman ini ternyata belum diketahui sepenuhnya oleh masyarakat.
1 2 3 4
Tanah tempat tumbuh bambu bisa dijadikan pupuk atau media tanam apapun, karena kamposisi tanah disekitar tumbuhnya pohon bambu memiliki unsur dan kandungan nitrogen yang sangat lengkap Akarnya bisa dipergunakan sebagai sumber isolat dalam pembuatan PGPR (Plant Growth Promoting Rezobacteria)



Tunas bambu, yang lebih dikenal sebagai rebung atau trubus bambu adalah sebagai bahan pangan yang tergolong kedalam jenis sayur-sayuran.

Batang pohon bambu bisa untuk bahan bangunan rumah. Batang pohon bambu juga sebagai bahan baku kerajinan tangan. Batang pohon bambu dapat sebagai media fermentasi nutrisi kesehatan dan pakan ternak, yang terkenal dengan nutrisi bambu.

Tanaman bambu mengahasilkan 35% lebih banyak oksigen daripada tanaman lain pada umumnya. 1 hektare tanaman bambu mampu menyerap sampai dengan 12 ton karbondioksida dari udara atau mampu menyerap 4 kali lipat lebih banyak karbondioksida daripada tanaman biasa lain.

Laporan Perkembangan Penanaman Bambu

Diterima 500 Batang

363
Batang
137
Batang
  •  
    Ditanam
  •  
    Sisa

Perkembangan

RTH(M)
0,75
RDA(M)
0,01
RSPI(M)
0
PPDA(M)
0,12
Untuk melakukan budidaya bambu, tidak diperlukan investasi yang besar, setelah tanaman sudah mantap, hasilnya dapat diperoleh secara menerus tanpa menanam lagi.

Budidaya bambu dapat dilakukan sembarang orang, dengan peralatan sederhana dan tidak memerlukan bekal pengetahuan yang tinggi. Lihat Laporan